Artikel >> Detail

Refleksi Hari Pahlawan
Posted by Admin  |   view : 167
Rabu,09 November 2011 00:00:00 WIB

Hari ini kita memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pejuang kemerdekaan Indonesia. Walaupun sejarah menyebutkan hari Pahlawan merupakan peringatan Pertempuran di Surabaya, namun hari ini dinyatakan sebagai hari nasional di Indonesia karena menginspirasi perjuangan dalam rangka mendapatkan kemerdekaan Indonesia.

Setiap tahun kita mengenang jasa para pahlawan. Namun terasa sekali mutu peringatan mengalami penurunan dari tahun le tahun. Kita sudah makin tidak menghayati makna dari hari pahlawan. Peringatan yang kita lakukan sekarang cenderung bersifar seremonial saja, memang kita tidak ikut mengorbankan nyawa seperti para pejuang pada waktu itu.

Tugas kita saat ini adalah member makna baru kepahlawan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, rakyat telah mengorbankan nyawanya seperti para pejuang pada waktu itu. Kita wajib menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa mereka. Karena itulah hari Pahlawan harus kita peringati dan refleksikan.

Namun, kepahlawanan tidak hanya berhenti di sana. Dalam mengisi kemerdekaan pun kita dituntut untuk menjadi pahlawan. Bukankah arti pahlawan itu adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran? Bukankah makna pahlawan itu adalah pejuang gagah berani? Bukankah makna kepahlawanan tak lain adalah perihal sifat pahlawan seperti keberanian, keperkasaan, dan kerelaan berkorban?

Saat negara nasibnya terseok seperti sekarang dimana rakyat hidupnya diperas, perubahan hanya jadi menu diskusi, saat itulah maka gerakan progresif kaum intelektual terpelajar menjadi satu kebutuhan mendesak. Seorang terpelajar bukan semata-mata sosok yang mencintai pengetahuan, tapi bagaimana dapat dan mampu memberikan gagasan-gagasan tentang perubahan. Karena itulah, solusi-solusi baru dan tindakan konkrit untuk perubahan sosial mutlak dibutuhkan.

Selamat hari pahlawan. Mari kita tanamkan prinsip Kerja Keras Adalah Energi Kita untuk kemajuan bangsa dan negara! Serta selalu bertawakal terhadap Allah SWT. Amin..