Sikap & Aksi >> Detail

KPU Tetapkan Anggaran Pilkada 2018 Sebesar Rp 38 Miliar
Posted by Admin  |   view : 68   |   Komentar : 0
Kamis,19 Januari 2017 05:46:27 WIB

Kota Bogor. I-BOGOR. Ketua KPU Kota Bogor, Undang Suryatna, mengatakan, kami telah menetapkan anggaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 sebesar Rp 38 miliar. Hal itu, berdasarkan hasil rapat penyusunan anggaran dengan Pemerintah Kota Bogor dan hasil dari koordinasi KPU Provinsi Jawa Barat. anggaran sebesar itu untuk memenuhi kebutuhan logistik dan biaya tahapan pemilu, pemungutan suara, hingga Pilkada selesai. Termasuk untuk biaya Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, 

“Sebelumnya, kami mengusulkan anggaran Pilkada ke Pemkot Bogor sebesar Rp 58 miliar. Namun, setelah koordinasi dengan KPU Jabar, anggaran tersebut di kerucut menjadi Rp 38 M. Hal itu, dikarenakan ada pendanaan bersama dari KPU Jabar untuk membiayai operasional Pilkada serentak di kota/kabupaten,” kata Undang di Kantornya, Rabu (18/1/2017).

Ia memaparkan, pendanaan bersama dari KPU Jabar itu besarannya sebanyak Rp 4,5 M dan diperuntukannya untuk membiayai honorarium penyelenggaraan Adhoc, yaitu PPK/PPS yang bertugas di kecamatan dan kelurahan, serta perjalanan dinas dari KPU kota/kabupaten ke KPU Provinsi, paparnya.

Jika nantinya dana tersebut masih ada sisa, kata Undang, semuanya akan di kembalikan ke APBD Kota atau Provinsi Jabar, disertai laporan pertanggungjawaban selama pelaksanaan Pilkada, pungkasnya.