Sikap & Aksi >> Detail

Bogor akan Miliki Kebun Raya Baru
Posted by Admin  |   view : 89   |   Komentar : 0
Selasa,17 Januari 2017 11:23:30 WIB

Tidak lama lagi Bogor akan memiliki satu kebun raya baru lagi. Kepastian tersebut di dapat manakala Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam menciptakan Hutan Sains Bogor seluas 60 Hektar di Kawasan Dramaga dan Bogor Barat Bogor. Rencananya, kebun raya baru tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, medio Agustus 2017.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Pusat Litbang Hutan Badan Litbang dan Inovasi KLH,  Dr. Ir. Kirsfianti L. Ginoga, Msc usai rapat Persiapan Pengembangan Bogor Forest Science Park (BFSP) di Ruang Kenari, Pusat Litbang Hutan, Jl. Gunung Batu No. 5, Kota Bogor.

"Kami punya mimpi ingin menciptakan BFSP sebagai Kebun Raya kedua di Kota Bogor," ucapnya kepada BOGORnews.com, Senin (16/01/2017).

Hanya saja, lanjut Kirsfianti, core bussines yang akan diusung  BFSP berbeda dengan KRB. Jika core bussines KRB lebih menitikberatkan kepada konservasi aneka tumbuhan yang ada di Indonesia. Sementara BFSP lebih kepada science (penelitian).

"Kami ingin memperkenalkan science  kepada masyarakat sekaligus juga ingin melakukan edukasi kepada mereka," ujarnya.

"Harapan kami penelitian bisa menjadi kurikulum di sekolah-sekolah dari jenjang SD hingga Perguruan Tinggi sehingga  kegiatan science menjadi meningkatkan," imbuhnya.

Supaya BFSP bisa dijual kepada masyarakat sebagai destinasi, ekowisata pihaknya akan merangkul dinas-dinas terkait di Kota Bogor seperti Disparbud Kota Bogor.

"Nantinya akan kami buat camping ground sehingga masyarakat bisa berkunjung ke sana. Saat ini saja, setiap harinya tak kurang 20 orang pengunjung datang ke sini. Kami ingin berdayakan secara optimal hasil-hasil penelitian untuk kepentingan Kota Bogor," pungkasnya.